Thursday 11 February 2010

INTERGRATED MARKETING COMMUNICATION / PROMOTION MIX

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI INTERGRATED MARKETING COMMUNICATION / PROMOTION MIX

intergrated merketing commnucation (IMC) atau promotion mix terdiri dari 4 bagian, yaitu :
1. Advertising
2. Marketing Public Relation (MPR)
3. Sales Promotion
4. Personal Selling

berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing hal tersebut :


1. ADVERTISING

Kelebihan

- periklanan adalah cara yang efektif untuk menjangkau banyak pembeli yang tersebar secara geografis dengan biaya yang rendah untuk setiap tampilannya.
- iklan memiliki nilai percakapan yang tinggi
iklan Nike “Just do it” telah menjadi kata-kata popular bagi mereka yang tidak dapat mengambil keputusan atau mengambil tindakan.
- periklanan adalah medium berdaya sebar luas
- periklanan memberikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara dan warna yang penuh seni.
- periklanan dapat digunakan untuk membangun citra jangka panjang untuk suatu produk(iklan Coca Cola)
- periklanan mempercepat penjualan (iklan Sears tentang obral di akhir pekan)
- periklanan cenderung berdampak positif pada sikap pelanggan dan pangsa pasar jangka panjang.

contoh :
Quacker Oats membayar Michael Jordan beberapa juta dolar untuk membuat iklan Gatorade. Jordan dipandang sebagai atlet dunia ternama, sehingga ia dipadang cukup layak untuk mengiklankan minuman olahraga seperti juga kemampuannya yang luar biasa untuk berhubungan dengan konsumen, terutama anak-anak.

Kekurangan
- periklanan adalah komunikasi yang sangat umum. karena banyak orang menerima pesan yang sama (baik kesamaan akan jenis produk penjualan atau daya saing melalui media yang sama) maka sulit untuk dapat memberikan pengaruh kepada konsumen pada awal pengenalan produk. Oleh karena itu iklan harus dapat dibuat sekreatif mungkin agar menarik perhatian dan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik.
- karena iklan sifatnya berulang agar masyarakat dapat menerimanya dengan baik (memiliki rasa keingin tahuan dan rasa ingin membeli akan suatu produk yang dipasarkan tersebut), sehingga memerlukan dana yang besar untuk melakukan perulangan tersebut. karena periklanan berskala besar oleh seorang penjual menujukkan sesuatu yang positif tentang aturan, kekuatan dan keberhasilan
- kadang-kadang kemampuan berekspresi yang terlalu berhasil dari iklan dapat memperlemah pesan atau mengalihkan perhatian dari pesan.
- periklanan tidak memiliki kemampuan memaksa seperti wiraniaga perusahaan. audiens tidak merasa wajib memperhatikan atau menanggapi. iklan hanya mampu melakukan monolog, bukan dialog, dengan audiens.
- periklanan mungkin memiliki pengaruh atas pernjualan hanya melalui kemunculannya. bentuk periklanan tertentu (seperti iklan televisi) memerlukan anggaran yang besar sedangkan bentuk yang lalin (sepertiiklan surat kabar) dapat dilakukan dengan anggaran yang kecil.
- iklan telah kehilangan beberapa daya efektifitasnya dimasa lalu. sangat sulit untuk dapat mecapai khalayak massal karena semakin tingginya fragmentasi khalayak. iklan-iklan di televisi semakin pendek; mereka bertumpuk-tumpuk menjadi satu; mereka semakin tidak dapat dibedakan satu sama lain; dan konsumen pun cenderung memindahkan saluran TV mereka setiap iklan muncul dilayar. dan masalah yang terbesar adalah kenyataan bahwa iklan tidak memiliki kreadibilitas. masyarakat tahu bahwa iklan selalu membesar-besarkan dan bias. pada kondisi terbaiknya, iklan dianggap lucu dan menghibur; pada kondisi terburuk, iklan dianggap mengganggu dan tidak jujur.

contoh :
BENNETON
iklan cetak dan billboard Benneton yang controversial menampilkan foto-foto dramatis seperti pasien AIDS yang hampir meninggal dengan kata-kata “HIV positif” dicap diatas tubuhnya, seorang korban pembunuhan mafia dan wajah keluarganya tercermin digenangan darah, serta seragam berlumuran darah dari sorang tentara di bekas Yugoslavia. satu-satunya tulisan di setiap iklan ini adalha kotak kecil yang berisi tulisan “United Colors of Benneton” Olivera Toscani, direktur kreatif dan fotografer perusahaan mengatakan bahwa kampanye ini bertujuan memunculkan kesadaran sosial dan bahwa”… setiap orang memanfaatkan emosi untuk menjual suatu produk. perbedaanya disini adalah bahwa disini kami tidak menjual suatu produk. kami ingin menunjukkan …kenyataan-kenyataan manusiawi yang kita sadari.”
tetapi betapapun iklan-iklan Benneton bermaksud baik dan menyita perhatian, iklan-iklan ini mendapatkan lebih banyak cacian dari pada pujian. pada tahun 1995 suatu pengadilan Jerman memutuskan bahwa 3 gambar dari kampanye iklan Benneton, termasuk mengenai pekerja anak di Amerika Latin, bersifat eksploitatif dan illegal. keputusan pengadilan Jerman ini mengikuti keputusan Peancis sebelumnya, yang mengharuskan Benneton membayar $32.000 untuk kerugian yang diakibatka iklan “HIV-positive”-nya terhadap rakyat Perancis yang terinfeksi oleh virus yang mengaibatkan AIDS ini.

Pendapat :
menurut saya advertising sangat berperan sekali dalam hal publikasi di era global ini. namun sering kali banyak iklan-iklan pada saat ini tidak mengikuti peraturan – peraturan yang ditetapkan. sebut saja iklan tarif telepon yang saling menyinggung satu sama lain. hal tersebut jelas betapa kencangnya perang tarif. selain itu hal yang tidak saya sukai mengenai periklanan di Indonesia adalah penggunaan kata yang sering kali terlalu berkepanjangan. sehingga membuat bosan dan lebih baik langsung memindahkan saluran atau channel TV atau istilahnya adalah zapping(itu yang saya lakukan). saya lebih tertarik pada iklan yang simple dan mempunyai maksud atau arti.

2. MARKETING PUBLIC RELATION(MPR)

Kelebihan
- Kreadibilitas yang tinggi; berita dan gambar lebih otentik dan dipercaya oleh pembaca dibandingkan dengan iklan.
- kemampuan menangkap pembeli yang tidak menduga; hubungan masyarakat dapat maenjangkau calon pembeli yang cenderung mengihindari wiraniaga dan iklan. Pesan diterima oleh pembeli lebih sebagai berita, bukan sebagai komunikasi bertujuan penjualan.
- MPR efektif dalam menjangkau masyarakat local dan menjangkau etnik tertentu dan kelompok lain.
- membantu peluncuran produk baru
- membantu memposisisikan kembali produk mapan.
- membangun minat suatu kategori produk
- mempengaruhi kelompok sasaran produk tertentu
- membela produk yang menghadapi masalah publik
- membangun citra perusahaan sehingga mendukung produknya

Kekurangan
- membangun merk baru melalui MPR akan memakan waktu lebih lama dan membutuhkan kreatifitas yang lebih tinggi.
- kontribusi MPR terhadap besarnya laba sulit diukur, karena MPR digunakan bersama kegiata promosi lain. jika digunakan sebelum kiat lain dijalankan, kontribusinya lebih mudah di evaluasi.
- perusahaan tidak membayar untuk tempat atau waktu yang diperoleh di Media. Perusahaan membayar seorang staf untuk mengembangkan dan membagikan cerita itu dan mengelola peristiwa-peristiwa tertentu.
- MPR tidak mendukung penjualan secara langsung.

contoh :
FUJI PHOTO FILM COMPANY
Fuji Photo film Company menerbangkan balon raksasanya melewati Patung Liberty yang direnovasi selama perayaan raksasanya, mengalahkan saingan Kodak, yang telah membangun pameran foto permanen di tempat itu.

Pendapat :
menurut saya melakukan kampanye melalui iklan memang memiliki keutungan lebih dapat diawasi pelaksanaannya dibandingkan dengan PR dan membutuhkan waktu lama untuk dapat lebih dikenal produknya oleh orang lain (khalayak luas). namun saya rasa pada akhirnya dapat bekerja lebih baik dari pada sebuah pemasangan iklan yang menggemparkan.

3. SALES PROMOTION
Kelebihan
- mempererat hubungan jangka panjang dengan seorang pengecer
- sales promotion menghasilkan tanggapan penjualan yang lebih cepat dan lebih terukur daripada iklan
- penggunaan sales promotion itu menguntungkan karena mereka tidak mampu menandingi anggaran periklanan besardari pemimpin pasar.
- sales promotion memungkinkan produsen untuk menyesuaikan variasi penawaran dan permintaan jangka pendek.
- sales promotion dapat mendorong konsumen untuk mencoba produk baru (lebih baik dari pada tidak beralih dari produk yang biasa mereka gunakan sekarang).
- sales promotion membantu produsen menesuaikan program untuk berbagai segmen konsumen. konsumen sendiri menikmati kepuasan menjadi pembelanja yang cerdik saat mereka mengambil keuntungan dari harga spesial.

Kekurangan
- sales promotion cenderung tidak menghasilkan pembeli baru berjangka panjang dalam pasar mapan karena mereka terutama menarik konsumen yang menyukai transaksi cepat dan murah yang berganti merk bila tersedia seperti yang diinginkan.
- meskipun kebanyakan sales promotion meningkatkan angka penjualan, kebanyakan justru menimbulkan kerugian.
- sales promotion biasanya kurang memungkinkan untuk membujuk pengguna-pengguna loyal dari merk lain dan pindah ke merk perusahaan.
- sales promotion cenderung lebih banyak digunakan oleh merk-merk yang lebih kecil dan lemah daripada oleh merk-merk yang lebih kuat.
- sales promoton dapat juga maengakibatkan konsumen berganti produk

contoh :
sample- penawar gratis untuk sejumlah produk atau jasa. sample itu dapat dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain, atau dipajang dalam suatu penawaran iklan. pemberian sample adalah cara yang paling efektf dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru. seperti ;
Lever Brothers sangat yakin akan produk deterjen baruya yaitu Surf sehingga ia mendistribusikan contoh gratis ke empat dari lima rumah tangga Amerika dengan biaya $43 juta.

pendapat :
menurut saya peran sales promotion itu sangat penting untuk membuat masyarakat tertarik dan mau mengkonsumsi.

4. PERSONAL SELLING

Kelebihan
- personal selling adalah alat yang paling efektif-biaya pada tahapan lebih lanjut dalam proses pembelian, terutama dalam membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pembeli.
- personal selling mencangkup hubungan yang hidup, langsung dan interaktif antara 2 orang atau lebih. masing-masing pihak dapat melihat kebutuhan dan karakteristik pihak lain secara lebih dekat dan segera melakukan penyesuaian.
- personal selling memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai ke hubungan persahabatan. wiraniaga yang efektif harus terus berupaya mengutamakan kepentingan pelanggannya jika mereka ingin mempertahankan hubungan jangka panjang.
- personal selling membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan pembicaraan wiraniaga. pembeli terutama sekali harus menanggapi, walau tanggapan tesebut hanya berupa suatu ucapan “terima kasih” secara sopan.
- konsumen dapat lebih mudah terbujuk karena bersifat langsung.

Kekurangan
- wiraniaga menunjukkan suatu komitmen biaya jangka panjang yang lebih besar dari pada periklanan, periklanan dapat ditampilkan dan dihentikan, tetapi jumlah wiraniaga lebih sulit untuk diubah.
- Produk yang ditawarkan tidak dapat disajikan secara bersama-sama, seperti iklan.
- Banyak konsumen yang kurang peduli terhadap personal selling
- Personal selling kadang kala bersifat memaksa
- Personal selling prosesnya lebih mudah dibandingkan dengan MPR / Advertising

contoh :
Seorang SPG disuatu pameran yang berusaha keras untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya

pendapat :

Menurut saya personal selling itu sangat penting untuk memasarkan suatu produk. Namun saya sebagai konsumen kadang kala merasa malas, karena produk yng disampaikan terkadang bersifat terlalu berlebihan dan dapat menimbulkan rasa kebosenan.

7 comments:

  1. thank u very much, sist..
    this blog helps me in order to finish my assignment..
    :)

    regards,
    Viona

    ReplyDelete
  2. kalo plus minus direct marketing apa sist?tolong dibantu yaa ;)tengs !

    ReplyDelete
  3. tenkiu sist blog nyaa .

    ReplyDelete
  4. me three. thank u so mucho mucho

    ReplyDelete
  5. akhirnya dapet juga yang saya cari..
    makasih banyak ya :)

    ReplyDelete
  6. Thanks, membantu saya saat sedang mengerjakan ujian berlangsung :D

    ReplyDelete